Makna Kullu dalam Hadits Tentang Bid'ah

Makna Kullu dalam Hadits Mengenai hal Bid’ah

Diposting pada

KAJIAN MAKNA Kullu (كل – “KULL”) DALAM HADITS TENTANG BID’AH. Memahami Makna Kullu dalam Hadits Mengenai hal Bid’ah (Pemahaman Salafi Wahabi Sebatas Tekstual).

كُلُّ بِدْعَةٍ ضَلاَ لَةٍ وَكُلُّ ضَلاَ لَةٍ فِى النَّارِ

“Tiap-tiap bid’ah itu sesat dan tiap-tiap kesesatan itu masuk neraka”. (HR. An-Nasa’i no. 1578)
Dengan membandingkan hadist tersebut serta QS Al Kahfi: 79 yg sama-sama dihukumkan ke kullu majmu’ akan kita dapati selaku berikut: Bahwa bid’ah itu kata benda, tentu mempunyai sifat, tidak mungkin ia tidak mempunyai sifat, mungkin saja ia bersifat baik atau mungkin bersifat jelek.

Sifat tersebut tidak ditulis dan tidak disebutkan dalam hadits di atas; dalam Ilmu Balaghah dikatakan,

حدف الصفة على الموصوف

“Membuang sifat dari benda yg bersifat”.

Seandainya kita tulis sifat bid’ah maka terjadi 2 kemungkinan:

a. Kemungkinan ke-1 :

كُلُّ بِدْعَةٍ (حَسَنَةٍ) ضَلاَ لَةٌ وَكُلُّ ضَلاَ لَةٍ فِى النَّارِ

“Seluruh bid’ah (yg baik) sesat, dan seluruh yg sesat masuk neraka”.

Hal ini tidak mungkin, bagaimana sifat baik dan sesat berkumpul dalam 1 benda dan dalam waktu dan tempat yg sama, hal itu tentu mustahil.

b. Kemungkinan ke-2:

كُلُّ بِدْعَةٍ (سَيِئَةٍ) ضَلاَ لَةٍ وَكُلُّ ضَلاَ لَةٍ فِىالنَّاِر

“Seluruh bid’ah (yg jelek) itu sesat, dan seluruh kesesatan itu masuk neraka”.
Jelek dan sesat sejalan tidak bertentangan, hal ini terjadi pula dalam Al-Qur’an, Allah Subhanahu wa Ta’ala sudah membuang sifat kapal dalam firman-Nya:

وَكَانَ وَرَاءَهُمْ مَلِكٌ يَأْخُذُ كُلَّ سَفِيْنَةٍ غَصْبَا (الكهف: 79)

“Di belakang mereka ada raja yg akan merampas seluruh kapal dengan paksa”. (Al-Kahfi: 79).
Dalam ayat tersebut Allah Subhanahu wa Ta’ala tidak menyebutkan kapal yg baik ialah KAPAL JELEK; sebab yg jelek tidak mungkin diambil oleh raja.

Maka lafadh كل سفينة sama dengan كل بد عة tidak disebutkan sifatnya, walaupun pasti punya sifat, ialah kapal yg baik كل سفينة حسنة.

كل محدث بدعة وكل بدعة ضلالة وكل ضلالة فى النار

“Kullu muhdatsin bid’ah, wa kullu bid’atin dhalalah, wa kullu dhalalatin fin naar”
Dalam hadits tersebut rancu sekali jikalau kita maknai SETIAP bid’ah dengan makna KESELURUHAN, bukan SEBAGIAN. Untuk membuktikan adanya 2 macam makna ‘kullu’ ini, dalam kitab mantiq ‘Sullamul Munauruq’ oleh Imam Abu Zaid Al-Akhdhari yg sudah diberi syarah oleh Syeikh Ahmad al-Malawi dan diberi Hasyiah oleh Syeikh Muhamad bin Ali as-Shabban tertulis:

37- الكُـلٌّ حُكمُنَا عَلَى المَجمُوعِ *** كَـكُلٌّ ذَاكَ لَيــسَ ذَا وُقُـوعِ

38- وَحَيثُمَا لِكُـلِّ فَـردٍ, حُكِمَا *** فَـإِنَّـهُ كُلِّـيَّةٌ قَــد عُلِـمَا

39- وَالحُكـمُ لِلبَعضِ هُوَ الجُزئِيَّه *** وَالجُــزءُ مَعـرِفَـتُهُ جَـلِـيَّه

  1. “Kullu itu kita hukumkan untuk majmu’ (sebagian atau sekelompok) seperti ‘Sebagian itu tidak pernah terjadi’.”
  2. “Dan kalau kita hukumkan untuk tiap-tiap satuan, maka dia ialah kulliyyah (jami’ atau keseluruhan) yg telah dimaklumi.”
  3. “Hukum sebagian ialah terpisah. Dan pengertiannya terpisah itu nyata/terang.”
    Mari perhatikan dengan seksama & cermat kalimat hadits tersebut. Kalau sungguh maksud Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam ialah SELURUH kenapa beliau BERPUTAR-PUTAR dalam haditsnya Kenapa Rasulullah tidak langsung saja

كل محدث فى النار

“Kullu muhdatsin fin naar” (tiap-tiap yg baru itu di neraka)

كل بدعة فى النار

“Kullu Bid’atin fin naar” (tiap-tiap bid’ah itu di neraka)”?
Kenapa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menentukan yg akhir, ialah “kullu dhalalatin fin naar” bahwa yg SESAT itulah yg masuk NERAKA ?

Berikutnya, Kalimat bid’ah (بدعة) di sini ialah bentuk ISIM (kata benda) bukan FI’IL (kata kerja).
Dalam ilmu nahwu menurut kategorinya Isim terbagi 2 ialah Isim Ma’rifat (tertentu) dan Isim Nakirah (umum).

Nah….. kata BID’AH ini bukanlah

  1. Isim dhomir
  2. Isim alam
  3. Isim isyaroh
  4. Isim maushul
  5. Ber alif lam yang Adalah bagian dari isim ma’rifat.

Jadi kalimat bid’ah disini ialah isim nakiroh. Jadi KULLU disana artinya tidak beridhofah (bersandar) ke bagian dari yang 5 diatas.

Seandainya KULLU beridhofah ke salah 1 yg 5 diatas, maka ia akan jadi ma’rifat. Tetapi pada ‘KULLU BID’AH’, ia beridhofah ke nakiroh. Sehingga dalalahnya ialah bersifat ‘am (umum). Adapun tiap-tiap hal yg bersifat umum pastilah menerima pengecualian. Ini sesuai dengan pandangan Imam Nawawi rahimahullah.

قَوْلُهُ وَكُلُّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ هَذَاعَامٌّ مَخْصٍُوْصٌ وَالْمُرَادُ غَالِبُ الْبِدَعِ.

“Sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, “seluruh bid’ah ialah sesat”, ini ialah kata-kata umum yang dibatasi jangkauannya. Maksud “seluruh bid’ah itu sesat”, ialah sebagian besar bid’ah itu sesat, bukan seluruhnya.” (Syarh Shahih Muslim, 6/154).

Lalu apakah SAH di atas itu dikatakan MUBTADA’ (awal kalimat)? Padahal dalam kitab Alfiyah (salah 1 kitab rujukan ilmu nahwu), tertulis :

لايجوز المبتدأ بالنكراة

“Tidak boleh mubtada’ itu dengan nakiroh.”

KECUALI ada beberapa syarat, di antaranya ialah dengan sifat.

Andai pun mau dipaksakan untuk men-sah-kan mubtada’ dengan ma’rifah agar tidak bersifat UMUM pada ‘kullu bid’atin di atas, maka ada sifat yg di buang. (dilihat DARI SISI BALAGHAH).

KITAB-KITAB YG MEMBAHAS KHUSUS BID’AH

Abu Ishaq Ibrahim bin Musa bin Muhammad Al-Lakhmi Asy-Syathibi Al-Gharnathi

ابتدأ طريقة لم يسبقه إليها سابق
فالبدعة إذن عبارة عن طريقة في الدين مخترعة تضاهي الشرعية يقصد بالسلوك عليها المبالغة في التعبد لله سبحانه

Bid’ah secara bahasa artinya mencipta dan mengawali sesuatu. (Kitab Al-‘Itisham, I/36)
Adapun menurut istilah, bid’ah artinya cara baru dalam agama, yg belum ada contoh sebelumnya yg menyerupai syariah dan punya tujuan untuk dijalankan & keterlaluan dalam beribadah ke الله سبحانه وتعال. ) Kitab Al-‘Itisham, I/37)

Imam Syafi’i membagi perkara baru jadi 2:

  1. Perkara baru yg bertentangan dgn Al-Kitab & As-Sunnah atau atsar sahabat & ijma’. Ini ialah bidah dholalah.
  2. Perkara baru yg baik tetapi tidak bertentangan dengan Al-Kitab dan As-Sunnah atau atsar sahabat & ijma’. Ini ialah bidah yg tidak tercela. Inilah yg dimaksud dgn perkataan Imam Syafi’i yg membagi bid’ah jadi 2 yaitu bid’ah mahmudah terpuji & bid’ah mazmumah tercela/negatif. Bid’ah yg sesuai dgn sunnah ialah terpuji & baik, sedangkan yg bertentangan dgn sunnah ialah tercela & negatif”.

Hilyah al-Auliya’, 9/113, & Al-Ba’its ‘ala Inkar Al-Bida’, hal. 15.
Ini kelengkapan kalimatnya:

ابن ادريس الشافعى يقول: البدعة بدعتان، بدعة محمودة، وبدعة مذمومة. فما وفق السنة فهو محمودة، وما خالف السنة فهو مذمومة. واحتج يقول عمروبن الخطاب فى قيام رمضان: نعمة البدعة هي. جز: 9 ص: 113
[حلية الاولياء وطبقات الاصفياء للحافظ أبى نعيم احمد بن عبدالله الاصفهانى]
وفي الحد ايضا معنى آخر مما ينظر فيه وهو ان البدعة من حيث قيل فيها انها طريقة في الدين مخترعة إلى آخره يدخل في عموم لفظها البدعة التركية كما يدخل فيه البدعة غير التركية فقد يقع الابتداع بنفس الترك تحريما للمتروك أو غير تحريم فان الفعل مثلا قد يكون حلالا بالشرع فيحرمه الانسان على نفسه أو يقصد تركه قصدا
فبهذا الترك اما ان يكون لأمر يعتبر مثله شرعا اولا فان كان لأمر يعتبر فلا حرج فيه اذ معناه انه ترك ما يجوز تركه أو ما يطلب بتركه كالذي يحرم على نفسه الطعام الفلاني من جهة أنه يضره في جسمه أو عقله أو دينه وما اشبه ذلك فلا مانع هنا من الترك بل ان قلنا بطلب التداوي للمريض فان الترك هنا مطلوب وان قلنا باباحة التداوي فالترك مباح

Batasan Arti Bid’ah

Dalam pembatasan arti bid’ah juga Ada pengertian lain kalau dilihat lebih saksama. yaitu: bid’ah sesuai dgn pengertian yg sudah diberikan padanya, bahwa ia ialah tata cara di dalam agama yg baru diciptakan (dibuat-buat) & seterusnya. Termasuk dalam keumuman lafazhnya ialah bid’ah tarkiyyah (meninggalkan perintah agama), seperti ini halnya dengan bid’ah yg bukan tarkiyyah. Hal-hal yg dinilai bid’ah terkadang ditinggal sebab hukum asalnya ialah haram.

Tetapi terkadang hukum asalnya ialah halal, tetapi sebab dinilai bid’ah maka ia ditinggal. Suatu perbuatan misalnya jadi halal sebab ketentuan syar’i, akan tetapi ada juga manusia yg mengharamkannya atas dirinya sebab ada maksud tertentu, atau sengaja ingin meninggalkannya.

Meninggalkan suatu hukum; mungkin sebab perkara tersebut dinilai sudah disyariatkan seperti sebelumnya, sebab kalau perkaranya sudah disyariatkan, maka tidak ada halangan dalam hal tersebut, karena itu sama halnya dgn meninggalkan perkara yg dibolehkan untuk ditinggal atau sesuatu yg diperintahkan untuk ditinggal.

Jadi di sini tidak ada penghalang untuk meninggalkannya. Tetapi kalau beralasan untuk maksud pengobatan bagi orang sakit, maka meninggalkan perbuatan hukumnya wajib. Tetapi kalau kita cuma beralasan untuk pengobatan, maka meninggalkannya hukumnya mubah. (Kitab Al-‘Itisham, I/42])

ITQON ASH-SHUN’AH FI TAHQIQ MA’NA AL-BID’AH

Sayyid Al-‘Allamah Abdullah bin Shodiq Al-Ghumari Al-Husaini.

قال النووي: قوله صلى الله عليه وسلم: “وكل بدعة ضلالة” هذا عام مخصوص والمراد غالب البدع، قال أهل اللغة: هي كل شيء عمل غير مثال سابق. قال العلماء البدعة خمسة أقسام واجبة ومندوبة ومحرّمة ومكروهة والمباح
في حديث العرباض بن سارية، قول النبي صلى الله عليه وسلم: “وإياكم ومحدثات الأمور فإن كل بدعة ضلالة” رواه أحمد وأبو داود والترمذي وابن ماجه، وصححه الترمذي وابن حبان والحاكم.
قال الحافظ بن رجب في شرحه: “والمراد بالبدعة ما أحدث مما لا أصل له في الشريعه يدل عليه، وأما ما كان له أصل من الشرع يدل عليه فليس ببدعة شرعا، وإن كان بدعة لغة” اهـ.

Imam Nawawi berkata: Sabda Nabi Muhammad Shollallohu ‘alaihi wa sallam “Tiap-tiap bid’ah itu sesat” ini ialah umum yg dikhususkan & maksudnya pengertian secara umum. Ahli bahasa menjelaskan: Bid’ah yaitu segala sesuatu amal perbuatan yg tdk ada contoh sebelumnya. Ulama menjelaskan bahwa bid’ah terbagi jadi 5 macam yaitu wajib, sunah, haram, makruh dan mubah. Dalam hadits Uryadh bin Sariyah mengenai hal sabda Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam, “Takutlah engkau akan perkara2 baru, maka tiap-tiap bid’ah ialah sesat. (HR. Ahmad, Abu Daud, Tirmidzi, Ibnu Majah dan dishohihkan oleh Tirmidzi, Ibnu Hibban dan Al-Hakim).

Al-Hafizh Ibnu Rojab berkata dlm penjelasannya, “Yang dimaksud bid’ah ialah sesuatu yg baru yg tdk ada asalnya [contohnya] dlm syari’at yg mempertunjukkan atasnya. Adapun sesuatu yg ada asalnya dlm syari’at yg mempertunjukkan atasnya, maka bukan termasuk bid’ah menurut syara’ meski secara bahasa itu ialah bid’ah.”

وفي صحيح البخاري عن ابن مسعود قال: “إن أحسن الحديث كتاب الله وأحسن الهدى هدى محمد صلّى الله عليه وسلم وشر الأمور محدثاتها”.
قال الحافظ بن حجر والمحدثات بفتح الدال جمع محدثه، والمراد بها ما أحدث وما ليس له أصل في الشرع، ويسمى في عرف الشرع بدعة، وما كان له أصل يدل عليه الشرع، فليس ببدعة، فالبدعة في عرف الشرع مذمومة، بخلاف اللغة، فإن كل شيء أحدث على غير مثال، يسمى بدعة سواء كان محمودا او مذموما اهـ.

Dalam shohih Bukhari dari Ibnu Mas’ud berkata. Sesungguhnya sebaik-baik ujaran ialah kitabulloh Al-Qur’an & sebaik-baik petunjuk ialah petunjuk Muhammad Shollallohu ‘alaihi wa sallam & sejelek-jeleknya perkara ialah yg baru dlm agama.

Imam Ibnu Hajar Al-Asqalani berkata, Lafazh muhdatsat dgn di fathah huruf dal-nya” kata jama’ plural dari Muhdatsah, maksudnya sesuatu yg baru yg tdk ada asal dasarnya dlm syari’at dan diketahui dalam hukum agama selaku bid’ah. Dan sesuatu yg mempunyai asal landasan yg mempertunjukkan atasnya maka tdk termasuk bid’ah. Bid’ah sesuai pemahaman syar’i itu tercela karena berlawanan dgn pemahaman secara bahasa.

Maka kalau ada perkara baru yg tdk ada contohnya dinamakan bid’ah, baik bid’ah yg mahmudah maupun yg madzmumah.

وروى أبو نعيم عن ابراهيم بن الجنيد، قال: سمعت الشافعي يقول: البدعة بدعتان بدعة محمودة، وبدعة مذمومة. فما وافق السنة فهو محمود وما خالف السنة فهو مذموم.
وروى البيهقي في مناقب الشافعي عنه، قال: المحدثات ضربان: ما أحدث مما يخالف كتابا أو سنةً أو أثرا أو إجماعا، فهذه بدعة الضلالة.
وما أحدث من الخير لا خلاف فيه في واحد من هذا، فهذه محدثة غير مذمومة وقد قال عمر في قيام رمضان: نعمة البدعة هذه يعني أنها محدثة لم تكن، وإذا كانت، ليس فيها رد لما مضى.

Diriwayatkan Abu Na’im dari Ibrahim bin Al-Janid berkata: Saya menguping Imam Syafi’i berkata: “Bid’ah itu ada 2 macam yaitu bid’ah mahmudah & bid’ah madzmumah. Maka perkara baru yg sesuai sunnah, maka itu bid’ah terpuji. Dan perkara baru yg berlawanan dgn sunnah itu…bid’ah..tercela.”

Al-Baihaqi meriwayatkan dlm Manaqib Imam Syafi’i biografi Imam Syafi’i…. Imam Syafi’i berkata, “Perkara baru itu ada 2 macam, yaitu perkara baru yg bertentangan dengan Al-Kitab dan As-Sunnah atau atsar sahabat & ijma’. Ini ialah bidah dhalalah.”

Perkara baru yg baik tetapi tidak bertentangan dgn Al-Kitab dan As-Sunnah atau atsar Sahabat & ijma’. Ini ialah bidah yg tidak tercela. Dan Umar bin Khathab ra. berkata mengenai hal qiyamu Romadhon shalat tarawih. “Sebaik-baik bid’ah ialah ini.” Yaitu shalat tarawih ialah perkara baru yg tdk ada sebelumnya, & waktu ada itu bukan artinya Tidak mau apa yg sdh berlalu.

والمراد بقوله: “كل بدعة ضلالة” ما أحدث ولا دليل له من الشرع بطريق خاص ولا عام اهـ.
وقال النووي في تهذيب الأسماء واللغات: البدعة بكسر الباء، في الشرع، هي إحداث ما لم يكن في عهد الرسول صلى الله عليه وسلم، وهي منقسمه إلى حسنة وقبيحة.
قال الامام الشافعي: “كل ما له مستند من الشرع، فليس ببدعة ولو لم يعمل به السلف، لأن تركهم للعمل به، قد يكون لعذر قام لهم في الوقت، أو لِما هو أفضل منه، أو لعله لم يبلغ جميعهم علم به” اهـ.

Dan yg dimaksud dgn sabda Rasul, Tiap-tiap bid’ah ialah sesat,” ialah sesuatu yg baru dlm agama yg tdk ada dalil syar’i [al-Qur’an dan al-Hadits secara spesial maupun secara umum.
Imam An-Nawawi dalam At-Tahdzib Al-Asma’ wa Al-Lughot bahwa kalimat “Al-Bid’ah” itu dibaca kasroh hurup “ba’-nya” di dalam pemahaman agama yaitu perkara baru yg tdk ada dimasa Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam & dia terbagi jadi 2 baik & negatif.

Imam Syafi’i rahimahullah berkata, “Tiap-tiap sesuatu yg mempunyai dasar dari dalil2 syara’ maka bukan termasuk bid’ah, walaupun blm pernah ditunaikan oleh salaf. Sebab sikap mereka meninggalkan hal tersebut terkadang sebab ada uzur yg terjadi waktu itu (belum dibutuhkan) atau sebab ada amaliah lain yg lebih Inti, & atau hal itu barangkali belum diketahui oleh mereka.” Wallahu a’lam.

Seperti ini Asimun Mas’ud At-Tamanmini menyampaikan semoga berguna. Aamiin
والله الموافق الى اقوام الطريق

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *